MinEx

Mining & Exploration

Sabtu, 28 April 2012

Geologi Umum Daerah Konawe Selatan Prov. Sulawesi Tenggara


1             Geomorfologi
               Berdasarkan relief, ketinggian, batuan penyusun dan stadia Wilayah, Kabupaten Konawe Selatan secara umum dapat dikelompokkan menjadi 4 (empat) satuan morfologi (gambar 2), yaitu :      
-              Satuan Morfologi Pegunungan
-              Satuan Morfologi Perbukitan
-              Satuan Morfologi Kras
-              Satuan Morfologi Pedataran
1.1          Satuan Morfologi Pegunungan
   Satuan morfologi pegunungan melampar dibagian timur sekitar pegunungan Laonti dan Wolasi dan menempati ± 20 % dari luas keseluruhan daerah penyelidikan, dengan ketinggian 300 m diatas permukaan laut. Secara umum satuan morfologi  ini disusun oleh batuan termalihkan hanya sebagian kecil disusun oleh batuan lainnya. Satuan ini tertutupi oleh vegetasi yang  sedang hingga lebat dan setempat sebagian lahan perkebunan masyarakat.

1.2          Satuan Morfologi Perbukitan
Satuan morfologi perbukitan tersebar dibeberapa lokasi yaitu daerah Palangga, Kolono, Konda, Landono, dan setempat di Tinanggea dan menempati sekitar 40 % dari keseluruhan luas daerah Konawe Selatan, dengan ketinggian diatas 75 m dari permukaan air laut.
Satuan ini secara umum tersusun oleh batuan dari “Malasa Sulawesi” yang tersebar di bagian utara, tengah sampai di selatan daerah ini dan sebagian lainnya disusun oleh batuan malih, batu gamping dan ultrabasa.
Satuan ini tertutup oleh lahan perkebunan seperti kakao, cengkeh, mente, vanili dan tanaman lainnya dan sebagian masih merupakan hutan yang bervegatasi sedang - lebat.

1.3          Satuan Morfologi Kras

   Satuan morfologi kras tersebar di bagian timur yaitu sekitar daerah Moramo Pegunungan Kumi-kumi dan menerus di teluk Wawosunggu dan setempat di Wolasi.
Satuan ini berada pada ketinggian ± 75 m – 500 m diatas permukaan air laut. Pada satuan ini banyak dijumpai gua-gua kapur dan sungai bawah tanah serta umumnya tertutupi oleh tanaman keras, satuan ini menempati sekitar 15 % dari keseluruhan luas daerah Konawe Selatan.

1.4          Satuan Morfologi Pedataran


   Satuan morfologi pedataran tersebar cukup luas dan malampar disekitar daerah Tinanggea, pesisir pantai, Kolono, Roda, Landono, Palangga, Lainea, Konda dan Ranomeeto. Satuan ini menempati sekitar 25 % dari keseluruhan luas wilayah Kabupaten Konawe Selatan dengan ketinggian dibawah 75 m dari permukaan air laut.
Satuan morfologi pedataran dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lahan persawahan, pertambangan, perkebunanan dan pemukiman. 


2             S t r a t i g r a f i
   Berdasarkan ciri fisik yang dijumpai di lapangan serta kesebandingan yang dilakukan terhadap Peta Geologi Lembar Kolaka (T.O Simanjuntak dkk, 1994, P3G) dan Peta Lembar Geologi Lasusua Kendari (Rusmana dkk, 1993), batuan penyusun daerah Konawe Selatan dapat dikelompokkan kedalam 9 (sembilan) satuan yang terdiri dari batua tua ke batuan lebih muda adalah sebagai berikut :

2.1 Satuan Batupasir Malih

      Satuan batuan ini tersebar dibeberapa lokasi di daerah Konawe Selatan yaitu daerah Boroboro, Wolasi, Kolono dan sekitar Angata. Satuan batupasir malih ini terdiri dari batupasir termalihkan dengan berbagai variasi, ukuran butir yaitu serpih hitam, serpih merah, filit, batu sabak dan setempat kwarsit.
      Satuan ini telah mengalami tektonik yang sangat kuat dan berulang-ulang. Hal ini diperlihatkan dengan keadaan sekarang yaitu umumnya terlipat, terkekarkan, tersesarkan, selain itu hampir seluruh singkapan yang dijumpai mengalami perombakan yang kuat. Berdasarkan ciri fisik yang dijumpai, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi meluhu berumur Trias - Trias Akhir, satuan ini memiliki ketebalan tidak kurang dari 1000 m. Beberapa ahli mengetahui satuan ini disebut sebagai batuan “tak perinci” (Sukamto, 1995) Metharmorfic roch (Kartadipoetoa, 1993).

2.2          Satuan Batugamping Malih

               Satuan batugamping malih, tersebar di bagian tenggara dan selatan Kabupaten Konawe Selatan yaitu di sekitar daerah Moramo, dan Kolono. Satuan ini didominasi oleh batugamping yang termalihkan, lemah, selain itu satuan ini juga disusun oleh lempung yang tersilikatkan dan kalsilutit.
Satuan batugamping malih secara umum telah mengami deformasi kuat, sehingga batuan dari satuan ini umumnya telah tersesarkan dan terkekarkan. Berdasarkan ciri fisik yang dijumpai di lapangan, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Laonti yang berumur Trias Akhir. Satuan yang memiliki ketebalan ± 500 m ini memiliki hubungan yang saling menjemari dengan Formasi Meluhu sebanding dari satuan batupasir malih.

2.3          Satuan Ultrabasa

               Satuan ultrabasa tersebar dibagian selatan daerah Konawe Selatan yaitu disekitar daerah Torobulu, Moramo dan Daerah Trans Tinanggea bagian Selatan. Satuan ini terdiri dari peridotit, dunit, gabro, basal dan serpentinit.
               Secara umum satuan ultrabasa ini telah mengalami pelapukan yang kuat, sehingga soil di sekitar daerah yang tersusun oleh batuan ini sangat tebal. Batuan ultrabasa ini diperkirakan merupakan batuan tertua dan alas di mandala Sulawesi Timur dan diduga berumur Kapur Awal.
Satuan ini bersentuhan secara tektonik dengan batuan Mesozoikum dan Paleogen dan secara tak selaras tertindih oleh batuan sedimen tipe Molasa Neogen dan Kuarter (T.O Simajuntak dkk, 1993).

2.4          Satuan Konglomerat

               Satuan ini tersebar pada bagian selatan yaitu di sekitar Tinanggea bagian selatan, satuan ini terdiri dari konglomerat, batupasir, lempung dan serpih.
               Satuan Konglomerat menindih secara tidak selaras satuan batuan yang ada di bawahnya. Berdasarkan kesamaan fisik yang dijumpai, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Langkowala, plandua, berumur Miosan Akhir hingga Pliosen, dengan memiliki ketebalan berkisar  450 m.

2.5          Satuan Kalkarenit
               Satuan ini tersebar di bagian Selatan daerah Konawe Selatan yaitu disekitar daerah Lapuko dan Tinanggea. Satuan ini terdiri dari kalkarenit, batugamping, koral, batupasir dan napal.
               Berdasarkan kesamaan fisik yang dijumpai, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Emoiko berumur Pliosen. Satuan ini mempunyai ketebalan berkisar 200 m dengan lingkungan pengendapan laut dangkal hingga transisi.

2.6          Satuan Batulempung

               Satuan tersebar dibagian Selatan daerah Konawe Selatan yaitu disekitar sebelah Selatan Lapuko, yang terdiri dari lempung, napal pasiran dan batupasir. Satuan ini memiliki hubungan yang saling menjemari dengan satuan kalkarenit. Berdasarkan kesamaan fisik yang dijumpai di lapangan, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Boipinang, berumur Pliosen. Satuan ini memiliki ketebalan berkisar 150 m dengan lingkungan pengendapan transisi hingga laut dangkal.


2.7          Satuan Batupasir
               Satuan ini tersebar dibagian Selatan daerah Konawe Selatan yaitu disekitar daerah Palangga, Tinanggea dan Motaha. Satuan ini terdiri dari batupasir, konglomerat dan lempung.
Berdasarkan kesamaan fisik yang dijumpai di lapangan, satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Alangga, yang berumur Pliosen. Satuan ini memiliki ketebalan berkisar 250 m dengan lingkungan pengendapan darat hingga transisi dan menindih secara tak selaras semua batu-batuan yang berada dibawahnya.

2.8          Satuan Batugamping Koral
               Satuan ini tersebar dibagian Selatan daerah Konawe Selatan yaitu disekitar daerah Torobulu. Satuan ini terdiri dari batugamping koral, dan batugamping pasiran memiliki ketebalan berkisar 100 m. Berdasarkan kesamaan fisik yang dijumpai di lapangan maka satuan ini dapat disebandingkan dengan Formasi Buara. Berumur Pliosen hingga Holosen dengan lingkungan pengendapan laut dangkal. Satuan ini memiliki hubungan yang menjemari dengan satuan batupasir dan menindih secara tidak selaras satuan batuan yang berada dibawahnya.

2.9          Satuan Aluvial
               Satuan ini tersebar disekitar aliran sungai besar, pantai dan rawa di daerah Konawe Selatan. Endapan Aluvial yang ada merupakan endapan sungai, pantai dan rawa, berupa kerikil, kerakal, pasir, lempung dan Lumpur. Endapan alluvial merupakan satuan batuan penyusun yang paling muda dan menindih secara tidak selaras seluruh batuan yang berada dibawahnya berumur Resen dengan ketebalan tidak lebih dari 20 meter.

3             Struktur Geologi 

       Daerah ini tidak dapat dipisahkan dengan proses tektonik yang telah dan mungkin masih berlangsung di daerah ini, dimana diperlihatkan oleh kondisi batuan terutama oleh batuan yang berumur Pra tersier yang umumnya telah mengalami perlipatan dan perombakan yang cukup kuat dan berulang-ulang.
       Struktur Geologi yang dijumpai di daerah Konawe Selatan, meliputi lipatan, kekar dan sesar (gambar 3). Lipatan dapat dijumpai dibeberapa tempat dimana batupasir malih tersingkap, namun sangat sulit untuk menentukan arah sumbu lipatannya karena telah terombakkan.
       Kekar dijumpai hampir seluruh satuan batuan penyusun daerah ini, kecuali alluvium dan batuan kelompok batuan Molasa yang tidak terkonsolidasi dengan baik. Sesar utama yang terjadi di daerah ini dapat dijumpai di daerah Kolono, yang mana sesar Kolono ini hampir memotong seluruh batuan kecuali Aluvial.
by; Ramli, ST (04/12) 


0 komentar:

Posting Komentar